Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Gelar Diskusi Tempumpun

  • Jul 05, 2024
  • Ahmad Maulana

Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Singkawang melaksanakan kegiatan diskusi terpumpun dengan mengangkat tema "Perumusan Ide dan Gagasan Bersama Perluasan Ruang Publik" yang dilaksanakan di Bassment kantor walikota Singkawang, Kamis 4 Juli 2024. Agenda ini merupakan bagian dari tahapan kerja pelaksana kegiatan Perluasan Ruang Publik Platform Indonesiana 2024 dari Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jendral Kebudayaan KEMENDIKBUDRISTEK.

Kegiatan ini dihadiri lintas OPD Kota Singkawang dan 20 pegiat seni dan budaya di Kota Singkawang salah satunya komunitas Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang (IKBS) yang dihadiri langsung oleh ketua yaitu Bang Oland. Kegiatan diskusi ini menjadi sarana bagi kita semua untuk saling bertukar pengalaman, ide dan rencana aksi yang akan dilaksanakan bersama-sama. Ada beberapa benang merah yang akhirnya dapat disimpulkan dalam diskusi kali ini yaitu bagaimana bisa memaksimalkan ruang-ruang publik yang ada untuk menjadi habitus-habitus kegiatan mulai dari seni, diskusi, pameran dan banyak lainnya.

Tempat kegiatan yang memadai juga menjadi konsen yang terus disampaikan oleh para seniman dengan mengharapkan adanya taman budaya di Kota Singkawang. Fasilitas yang memadai seperti sound, panggung, alat musik serta listrik dan iuran perawatan tempat dan alat yang murah diharapkan dapat membuat para pelaku seni akan lebih giat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Kota Singkawang.